Rabu, 22 Juni 2022
Berhubungan dengan agenda sekolah yang akan datang yaitu pembagian rapor siswa kelas 7 dan 8, maka MTs Negeri 7 Jember mengadakan rapat kenaikan kelas yang dilaksanakan di ruang kelas 9A. Rapat dibuka pukul 10.14 WIB oleh Bapak Hermawan Supriyadi, S.Pd. selaku pemimpin rapat dan dimulai dengan membaca Al-Fatihah bersama. Adapun agenda rapat kali ini yaitu sidang pleno kenaikan siswa kelas 7 dan 8. Acara kedua yaitu pengarahan dari Kepala MTs Negeri 7 Jember, Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. Beliau menyampaikan dalam pengarahannya bahwa dalam pengambilan keputusan kenaikan kelas diperlukan sebuah pertimbangan yang matang dan harus disesuaikan dengan kemampuan siswa. Keputusan kenaikan siswa harus didasari oleh kriteria dan persyaratan yang telah ditentukan.

Terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan yang perlu diperhatikan dalam penentuan kelulusan dan kenaikan kelas bagi siswa. Syarat-syarat tersebut telah  tertuang dalam dokumen 1 MTs Negeri 7 Jember. Adapun persyaratan yang terdapat pada dokumen 1 kenaikan kelas diantaranya yaitu siswa harus menuntaskan tugas dalam dua semester, berperilaku baik, siswa tidak memiliki nilai dibawah KKM, jumlah ketidakhadiran tanpa keterangan tidak boleh melebihi 10% dari total kehadiran siswa, dan yang terakhir yaitu tidak terlibat kasus asusila, kriminal dan narkoba.

Rapat dilanjutkan dengan laporan masing-masing wali kelas 7 dan 8 terkait dengan perkembangan siswa dalam pembelajaran selama 2 semester. Laporan ini dimulai dari wali kelas 7A dan diakhiri oleh wali kelas 8H. Setelah pelaporan wali kelas dilakukan kemudian diikuti dengan sidang pleno penentuan kenaikan kelas bagi siswa-siswi kelas 7 dan 8. Dalam sidang pleno, baik guru maupun wali kelas bersama-sama melakukan evaluasi dan musyawarah untuk pengambilan keputusan. Dalam musyawarah tersebut telah berhasil diambil beberapa keputusan dan mufakat bersama terkait kenaikan kelas bagi siswa kelas 7 dan 8. Kemudian tepat pukul 13.00 WIB rapat pleno ditutup dan dilanjutkan dengan ishoma.

@femda

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *